Cara Mencuci Jaket Gunung Bagi Para Petualang Muda

Sumber gambar : www.exploregunung.com
Mendaki gunung  adalah salah satu hobi yang menarik dan menantang di dunia. Tak jarang, mendaki gunung sering diikutsertakan dalam unit kegiatan mahasiswa di perguruan tinggi. Bagi anda pecinta gunung sejati, anda harus tahu cara mencuci jaket gunung karena biasanya jaket tersebut akan kotor maksimal akibat perjalanan jauh nan terjal di wilayah hutan rimba.
Jaket gunung | Sumber gambar : tasransel.net
Biasanya para mahasiswa akan malas dan salah dalam melakukan pencucian jaket tersebut, hal itu dikarenakan lelahnya tubuh akibat perjalanan panjang dan lebih memilih menggunakana jasa laundry. Padahal tidak semua laundry menyediakan fasilitas khusus untuk mencuci jaket gunung dan malah mencucinya seperti pakaian biasa.
Sumber gambar : www.rinso.co.id

Hal itu adalah kesalahan fatal, karena jaket gunung merupakan jaket yang sangat tebal dan memiliki bahan latex yang dapat terkelupas jika digosok secara kasar. Oleh karena itu, berikut adalah cara mencuci jaket gunung anda :

• Pastikan tak ada barang yang “terselip” contohnya adalah batu, lumpur yang mengeras, senter kecil, suplemen penambah stamina dan barang-barang yang mungkin anda bawa saat pergi mendaki.

• Periksa aturan pada label jaket merupakan hal yang sangat penting dilakukan. Suhu maksimal saat mencuci, boleh terkena setrika atau tidak, hingga informasi ketebalan jaket ada di label jaket tersebut. Setelah itu patuhi peraturan tersebut.

• Siapkah ember dan air hangat agar jaket mengeluarkan kotoran yang mungkin masih tersembunyi di saku, resleting, kantung, kancing dan tali pengencang selama 5 hingga 10 menit.

• Jemurlah di udara terbuka agar mengembalikan kembali kemampuannya dalam menahan air. Lakukan sesuai dengan label, jika boleh terkena matahari langsung maka jemurlah di siang terik, jika tidak maka jemurlah di dalam ruangan menggunakan mesin pengering.

Informasi yang penting bukan hanya cara mencuci jaket gunung , karena selain jaket gunung, ada juga instrument lain yang biasanya tak kalah penting digunakan untuk mendaki gunung, yaitu sleeping bag, tenda, tas ransel, hingga sarung tangan. Rawatlah peralatan mendaki anda agar tidak menghalangi passion anda sebagai petualang muda.

0 Response to "Cara Mencuci Jaket Gunung Bagi Para Petualang Muda"

Post a Comment