8 Fungsi Keluarga yang Perlu Anda Ketahui

Sumber gambar : hijapedia.com

Keluarga memiliki fungsi penting dalam tumbuh kembang anak. Menurut Badan Koordinasi Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) ada 8 fungsi keluarga yang harus diterapkan. Fungsi ini membuat keluarga menjadi sarana pendidikan non formal pertama bagi anak-anak.

8 fungsi keluarga ini sejalan dengan peraturan pemerintah nomor 21 tahun 1994 yang mengatur tentang fungsi keluarga, yaitu :

1. Fungsi agama

Keluarga mengajarkan tentang agama yang dianutnya, tentang keberadaan Tuhan Yang Maha Esa dan bagaimana cara beribadah yang benar sesuai dengan yang telah diajarkan oleh tiap-tiap agama.

2. Fungsi cinta dan kasih sayang

Cinta dan kasih sayang adalah suasana yang akan timbul pada kehidupan berkeluarga yang harmonis, dengan menciptakan suasana ini di rumah akan menumbuhkan rasa aman dan rasa dicintai pada anggota keluarga.

3. Fungsi sosial dan budaya

Fungsi ini keluarga berperan untuk membina nilai-nilai luhur yang selama ini sudah ada dalam tata kehidupan, sehingga nilai ini tidak luntur dan masih terus akan dipertahankan. Sosial dan budaya akan mengajar anak untuk bertingkah laku yang benar menurut nilai-nilai yang sudah ada.

4. Fungsi perlindungan

Keluarga memberikan suasa aman, nyaman, damai dan adil. Keluarga menjadi tempat pemecahan masalah sehingga anggota keluarga siap untuk mengahdapi masalah yang ada di luar.

5. Fungsi kesehatan reproduksi

Keluarga dapat mengajarkan pendidikan sex kepada anggota keluarga, tetapi untuk memberikan pengetahuan kepada anggota keluarga agar tidak mengalami kejahatan seksual.

6. Fungsi lingkungan

Mengajarkan tentang menjaga keharmonisan dengan orang lain yang ada di dekat kita dan juga menjaga lingkungan sekitar.

7. Fungsi ekonomi

Keluarga membina kehidupan ekonomi dan mau meningkatkan kesejahteraan keluarga, keinginan ini harusnya juga di ikuti oleh seluruh anggota keluarga.

8. Fungsi soal pendidikan

Keluarga menjadi pendidik utama bagi anggota keluarga dan menjadi pondasi utama untuk perkembangan anak.

8 fungsi keluarga ini tidak akan terjadi tanpa kerja sama seluruh keluarga, mulailah dengan gerakan Mari Bicara dan wujudkan keluarga yang harmonis sesuai dengan fungsinya.

0 Response to "8 Fungsi Keluarga yang Perlu Anda Ketahui"

Post a Comment