Inilah Gambaran Jenis IELTS writing Task 2 Serta Tips Pengerjaannya






IELTS merupakan salah satu jenis tes yang sangat umum sekali digunakan ketika akan mendaftar diri pada sebuah universitas ternama dunia ataupun pekerjaan diluar negeri. Pada dasarnya tes Bahasa Inggris ini digunakan untuk mengukur kemampuan atau keahlian dari calon mahasiswa ataupun pekerja dalam berbahasa Inggris. Ada beberapa season yang harus Anda kerjakan pada soal tes tersebut, salah satunya bagian writing yang umumnya terdiri dari 2 tugas. Yang pertama yaitu IELTS writing task 2 yang bobotnya lebih besar dari writing task 1. Kedua tugas tersebut tentu saja berbeda, dari cara menjawab ataupun jenis soal yang diberikan kepada Anda.

 Baca Juga Artikel Seputar Seluk Beluk IELTS lainnya :

Panduan Mudah Selesaikan Tes IELTS writing Task 1 Cepat - Mima Kakaly


Bukanlah hal mudah untuk bisa sukses mengerjakan tes IELTS tanpa kemampuan berbahasa yang baik khususnya Bahasa Inggris, tetapi hal itu bukan berarti tidak bisa dilakukan. Pahami saja apa yang ditanyakan lalu terapkan sesuai instruksi yang ada di kertas soal. Tetapi sebelum mengetahui seperti apa rahasia mengerjakan yang akan dibagikan pada artikel kali ini, Anda perlu mengetahui terlebih dahulu dari jenis soal IELTS secara umum. Secara umum soal task 2 sudah dikelompokkan secara langsung menjadi dua bagian yaitu soal opini dan juga non-opini. Dengan pemisahan tersebut akan lebih mempermudah Anda untuk mengerjakan atau menentukan struktur penulisan yang tepat.

Untuk mengetahui mengenai jenis soal secara lebih lengkap bisa Anda simak pada ulasan berikut ini:

Esai soal opini

Yang pertama ini merupakan soal opini dengan beberapa kriteria seperti pendapat Anda mengenai suatu kasus tertentu. Sebelumnya sendiri, ada dua model dari jenis soal pada golongan ini. Yang pertama ada jenis diantara dua pendapat, ini artinya akan menampilkan dua pendapat yang bertentangan. Lalu tugasnya Anda adalah menjelaskan dari kedua sisi tersebut. Lalu kedua mengenai satu pendapat atau kondisi yang perlu Anda komentari. Untuk memiliki pendapat sendiri terhadap suatu topik, tentu Anda butuh pengetahuan yang cukup luas. Topiknya saja sangat beragam, jadi perlu Anda pahami terlebih dahulu isu-isu terkini yang ada di dunia atau lingkungan sekitar Anda.

Esai ide

Kedua mengenai esai ide yang mengharuskan Anda memberikan gagasan, ide ataupun suatu topik. Sedikit berbeda dengan jenis IELTS sebelumnya, soal yang ada pada IELTS writing task 2 tips ini meminta untuk memilih mana yang lebih baik dari dua pendapat atau bisa juga dari dua kondisi dengan konsekuensi baik ataupun buruk. Sama dengan sebelumnya, pada jenis ini ada 3 jenis esai pula yaitu antara dua pendapat, kondisi serta terakhir ada yang terbuka. Masing-masing tentu saja berbeda, jadi Anda harus pahami terlebih dahulu sebelum mengerjakan.

Nah, setelah Anda mengetahui dua jenis soal yang umum sekali terjadi pada saat tes IELTS Writing khususnya untuk Task 2 ini, tentu Anda perlu tips mengerjakannya seperti apa. Pertama-tama, penting untuk berlatih menggali perspektif yang lebih luas. Pada dasarnya Anda perlu melatih cara menyampaikan opini maupun ide dengan menyertakan poin-poin pendukung yang relevan dengan topik yang ada. Semakin meyakinkan argumentasi Anda, semakin tinggi pula kesempatan Anda meraih skor yang baik. Selain itu tidak bisa dipungkiri tentunya Anda juga harus memperhatikan penggunaan grammar, vocabulary, dan ketepatan ejaan Anda. Anda harus bisa show off keterampilan Anda, jadi tulislah kalimat demi kalimat dengan koheren, jaga tata bahasanya, dan gunakan vocabulary yang sevariatif mungkin.

Internasional English Language Testing System atau sering disebut dengan IELTS sering sekali menjadi persyaratan utama untuk dapat melanjutkan sekolah tinggi ternama, salah satunya benua Australia yang mayoritas mengharuskan. Jika Anda salah satu orang yang sedang mengikuti program tersebut tentu saja harus paham seluk beluknya, baik dari bagian IELTS writing task 2 dan task 1 ataupun bagian lainnya. Lalu tidak lupa juga mengenai tips yang mempermudah Anda untuk mengerjakan seperti berikut ini:

1. Sebelum mengikuti sebuah tes IELTS tentu saja Anda harus berlatih dengan menggunakan berbagai macam buku ataupun melalui online. Lalu lakukan analisa seperti apa contoh soal yang sering sekali muncul dalam tes tersebut. Jika sudah dipahami tentu akan lebih mudah lagi untuk mengerjakan, apalagi mengenai strukturnya (untuk tugas menulis IELTS task 2).

2. Baik melalui IELTS writing task 2 ataupun 1 mensyaratkan jumlah kata yang berbeda, disini tentu saja Anda harus pahami seperti apa jumlah katanya sehingga tetap memenuhi permintaan atau sesuai dengan persyaratannya.

3. Lalu tips yang berikutnya selalu usahakan untuk menulis kalimat pertama sebagai gambaran atau overview umum laporan dengan tujuan untuk introduction. Mungkin terlihat cukup sulit tetapi juga Anda sudah paham mengenai strukturnya tentu akan lebih mudah.

4. Kemudian lanjutkan dengan kalimat fenomena yang paling mencolok sekali pada tahun tersebut. Misalnya saja pada tahun 2019 ini Indonesia mengalami peningkatan yang cukup tinggi pada bagian devisi dan disertai dengan grafik paling mencolok dari pada tahun ataupun yang lainnya.

5. Selanjutnya gunakan fenomena yang mencolok tersebut sehingga menghasilkan kalimat yang lebih kontras. Misalnya saja mengalami peningkatan ataupun penurunan secara signifikan.

6. Tetap selesaikan pada sebuah paragraf dengan penutup yang dapat dikatakan cukup manis, tetapi ini tetap harus berisikan atas kesimpulan yang diberikan berdasarkan dengan tersedianya informasi secara umum.

7. Pastikan Anda selalu menggunakan jenis atau kosakata yang sangat berpengaruh terhadap penilaian, pilih saja yang basic tetapi tetap formal sehingga memberikan penegasan akan skor yang dapat Anda peroleh.

8. Sebelum melakukan tes, perbanyak kosakata baik dari sinonim ataupun antonin yang menjadikan Anda lebih paham. Untuk melengkapi itu semua bisa pilih saja jenis buku Tthesaurus yang cukup bagus untuk latihan sehingga memberikan rate nilai yang lebih bagus dan tinggi lagi.

9. Pastikan pula kosakata yang Anda berikan selalu sesuai dengan konteks kalimat, jika ada informasi informal ataupun formal untuk academy tentu saja harus sesuai. Jadi tidak cukup Anda mempelajari satu model, harus lebih kaya akan kosakata.

10. Selalu gunakan poin-poin tertentu sebelum Anda memberikan jawaban ketika mengerjakan task 2. Hal tersebut tentu saja akan mempermudah, misalnya saja Anda mempunyai 5 gagasan jadikan saja 5 tersebut menjadi 4 sampai dengan 7 paragraf terbaik.

Nah, itulah beberapa tips yang perlu Anda pahami terlebih dahulu sebelum akhirnya mulai mengikuti tes IELTS dan mendapatkan hasil sesuai dengan keinginan. Pada intinya, baik task 1 ataupun 2 mempunyai struktur penulisan atau jenis soal yang berbeda. Dengan pemahaman yang baik dari keduanya tentu akan memberikan skor pada tes writing terbaik. Jangan lupa untuk selalu memperbanyak kosakata untuk dapat membuat sebuah esai dengan tepat dan menarik. Dengan begitu pertimbangan mengenai nilai tinggi akan lebih mudah lagi didapatkan. Dan jalan untuk mendapatkan sebuah universitas ternama luar negeri ataupun pekerjaan luar negeri akan lebih mudah.

Kemampuan berbahasa Inggris memang sangat diperlukan sekali dalam dunia pendidikan ataupun dunia kerja, apalagi melihat persaingan global yang semakin ketat seperti sekarang ini. Nah, untuk menilai kemampuan Anda dalam hal tersebut sebuah universitas ataupun perusahaan ternama melakukan tes dengan jenis IELTS yang salah satunya terdapat soal IELTS writing task 2 dan task 1 yang tergabung dalam writing. Semoga sedikit tips diatas dapat memberikan gambaran kepada Anda semuanya.

0 Response to "Inilah Gambaran Jenis IELTS writing Task 2 Serta Tips Pengerjaannya"

Post a Comment